Jangan marah! (*1)

Sekiranya anda melihat di kaca, wajah anda ketika sedang marah… maka anda akan malu, dan insya Allah tidak mau marah-marah lagi. Marah adalah suatu kondisi yang terkadang kita tak mampu mencegahnya. Perbuatan ini dapat mendorong manusia untuk bertikai dengan saudaranya, memukul, menghina bahkan membunuh. Marah bukan hanya merusak hati, tapi dapat juga menyebabkan kematian, karena serangan jantung misalnya. Maka itu jauhilah sebab-sebab kemarahan dan jangan melakukan hal-hal yang dapat mengarah padanya. Hindarilah kemarahan karena urusan dunia, yang tak mendatangkan pahala.

Marah itu semuanya buruk, kecuali marah karena Alloh. Apabila kemarahan bergolak ketika hukum Alloh diabaikan, maka pelakunya akan mendapatkan pahala. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, tidak pernah marah karena urusan pribadi, tetapi beliau akan marah apabila melihat agama Alloh dilanggar.

Bagaimana cara meredakan amarah?

  1. Marah itu kebanyakan berasal dari setan, maka hendaklah dia Berta’awwudz,   : “A’udzu billahi minasysyaithonirrojim”(aku berlidung kepada Alloh dari setan yang terkutuk)

  2. Diam. Ini adalah perintah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau berpesan : “ Ajarilah, mudahkanlan(urusan) dan jangan menyusahkan, bila salah seorang dari kamu marah, maka hendaklah ia (yang lainnya) diam” (Al-Bukhori dan Muslim)

  3. Merubah posisi . “ Jika salah seorang diantara kalian marah dan ia berdiri, maka hendaklah ia duduk, Jika amarahnya tidak hilang, hendaklah ia berbaring”(Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah dll)

  4. Memohon ampunan, memaafkan dan dan bersabar. “Dan jika mereka marah, mereka memohon ampunan” (QS.As-Syuura:37)

  5. Tidak membalas keburukan dengan keburukan. “ Jika kamu membalas (menghukum) maka balaslah dengan yang semisal (dgn keburukan) yang telah mereka lakukan, tetapi jika kalian sabar itu lebih baik bagi orang-orang yang sabar” ( QS.An-Nahl:126)

(*1.hadits riwayat Al-Bukhori(6116) dr abu Hurairah)

Disarikan dari : Panduan amal sehari semalam dan berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s