Hidup adalah pilihan!

Hari Sabtu pagi, temanku menilponku dari Jakarta. Begitu tilpon kuangkat , kudengar suaranya yang bernada kesal, :” kenapa sih kemarin sore aku tilpon gak diangkat? Lagi sibuk nonton acara perkawinan pangeran William dan Kate Middleton di TV ya? “ (kemudian terdengar suaranya melunak), “Tapi memang indah dan romantis ya?, kalau saja masa mudaku bisa kembali, aku ingin seperti mereka….Tapi kenapa tilponku gak diangkat?”, kembali dia bertanya.

“Maaf ya non aku bukan lagi sibuk nonton acara itu, tapi aku lagi asyik mengaji, jadi tilponmu gak sempat kuangkat”, jawabku.

Temanku tertawa ngakak :” Ah becanda aja, masak seluruh dunia nonton acara spektakuler dari negeri dongeng, kamu malah mengaji?, sok suci lo”… Memang begitulah gaya bicaranya selalu ceplas ceplos, dan riang.

Alhamdulillah, sore itu Alloh telah menunjukkan kepadaku cara melewatkan waktu. Sementara banyak pemirsa sudah duduk manis di depan televisi, agar tidak ketinggalan menonton acara yang konon kabarnya adalah merupakan salah satu acara paling heboh di abad ini. Aku asyik membaca terjemahan  Al Qur’an.  Bagiku acara perkawinan William-Kate biasa saja, bukan merupakan momen yang luar biasa.

Aku tengah belajar menghargai waktu yang mungkin hanya tinggal beberapa saat lagi kujalani, karena kita sebagai manusia tidak tahu kapan kita akan dipanggil pulang.

Aku masih harus melancarkan membaca Al Qur’an, belajar aqidah, belajar hadis-hadis Nabi dan masih banyak ilmu yang harus kucari. Aku tak mau menyia-nyiakan waktuku dengan hal-hal yang kurang bermanfaat dan tak ada nilai ibadahnya di sisi Alloh.

Aku balik bertanya kepada temanku, apakah ada gunanya bagi dia dengan menonton acara itu?, paling-paling agar tidak disebut ketinggalan zaman, karena tidak tahu jalannya prosesi pernikahan W-K.  Tapi bila saat itu dia belajar / mencari ilmu agama, pasti manfaatnya besar sekali, dan bisa jadi tiket untuk masuk surga. Temanku diam beberapa saat, lalu terdengar :”Okay, cu”, kemudian tilpon diputus.

Hidup adalah pilihan, dan anda, aku, atau siapapun berhak menentukan pilihannya.

Anda pilih yang mana?

Tinggalkan Balasan

