Manusia, Alam dan Tuhan….

Banyaknya bencana alam yang menimpa dunia, seperti banjir, tanah longsor, gunung meletus, kebakaran hutan, gempa, dan tsunami, dalam beberapa tahun terakhir yang menimbulkan duka nestapa dan kerusakan alam semesta. Padahal kekayaan alam semesta menjadi bagian utama kehidupan manusia.

Musibah dan bencana adalah cobaan. Tapi tak sedikit akibat ulah tangan manusia sendiri. Perilaku manusia yang salah dalam memanfaatkan karunia Allah swt, dan tidak menjaga kelestariannya telah menjadikan alam dan lingkungan rusak. Detik ini, hendaknya manusia mulai bersahabat lagi dengan alam, tak ada lagi penebangan hutan, pembuangan sampah di sungai-sungai, pengerukan tambang secara liar, juga perburuan satwa-satwa yang dilindungi. Jika ini dilakukan maka rasa cinta kepada alam akan tumbuh, dan akan tercipta kehidupan yang harmonis antara manusia dan alam.

Sesungguhnya semua kebaikan-kebaikan alam bersumber dari Allah swt. Matahari dan bulan yang menyinari bumi, hujan yang turun dari langit, sungai yang mengalir bersih, sawah-sawah yang subur, buah-buahan dan sayur mayur, bermacam-macam jenis ikan di lautan, semua itu merupakan nikmat dan rahmat Allah swt, sebagai ungkapan cintaNya kepada hamba-hambaNya. Begitu pula bencana dan musibah adalah wujud kebaikan Allah swt juga. Ini peringatan kepada manusia yang semakin ingkar.

Banyak manusia menganggap bahwa alam memiliki kuasa untuk memberikan kebaikan dan keburukan, seakan alam itu tercipta dengan sendirinya. Banyak diantara mereka mengadakan beberapa ritual agar memperoleh kebaikan dan terhindar dari kemurkaan alam, seperti memberikan sesaji kepada “si mbah penunggu gunung” atau memberikan sedekah kepada ”si ratu laut”. Manusia berpikir bisa mengatur alam. Mereka lupa bahwa alam hanya tunduk kepada Sang Pencipta, yaitu Allah swt.

Sungguh…. ini semua nikmat Allah swt. Begitu banyak dan tanpa batas. Maka sebagai hamba sudah sepantasnya kita bersyukur akan karunia nikmat yang diberikan. Bukalah hatimu, adakah dusta kita pada Allah swt?

One response to “Manusia, Alam dan Tuhan….

  1. Saya setuju dengan tulisan ini, semoga manusia segera sadar untuk menghentikan perusakan alam ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s